Selasa, 15 Mei 2012

Persaingan Dalam Peningkatan Tangga Sanitasi


modifikasi CTPS dari Batu Plat

Modifikasi Jamban dari Batu Plat

Tangga sanitasi merupakan salah satu cara mengetahui peningkatan kualitas sanitasi yang ada di rumah atau lingkungan disuatu masyarakat. Sesuai dengan intervensi program STBM diantaranya adalah peningkatan jamban yang semula kondisi jambannya cemplung dengan adanya informasi tentang tangga sanitasi maka orang tersebut membangun jamban ke model jamban plengsengan atau leher angsa. Dahaelu merupakan salah satu Desa yang memiliki kesadaran untuk melakukan dan merubah perilaku lama menuju perilaku yang sekarang yaitu perilaku yang sadar akan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat. Dulu sebelum ada intervensi dari CD Bethesda tentang program STBM perilaku masyarakat dahaelu masih BABS dan kurang memperhatikan kesehatan diri dan lingkungan.
Hadirnya progam STBM ke desa tidak semua desa atau masyarakat bisa menerima,  terlebih program ini datang untuk merubah perilaku masyarakat untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat. Banyak sekali alasan masyarakat untuk tidak melakasanakan program ini, ada yang memang masyarakat beralasan karena kondisi desa yang sulit air dan kesulitan untuk mengakses air, oleh karena itu mereka memilih untuk tidak membuat CTPS atau masih BABS karena lebih aman dan tidak perlu menggunakan air masyarakat masih merasa nyaman dengan kebiasaan perilaku itu.
Peningkatan kualitas jamban yang dilakukan di Desa Dahaelu merupakan hal yang unik dan patut kita jadikan teladan. Masyarakat Dahaelu berkompetisi secara sehat dalam rangka peningkatan saranan pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), perangkat desa, kader STBM dan masyarakat saling memperlihatkan karya-karya mereka tetapi karya yang ditunjukkan adalah model jamban yang dibangun di masing-masing rumah mereka. Dahaelu merupakan desa yang melimpah batu platnya, tidak heran jika memang banyak karya seni dan patung yang terbuat dari batu plat. Tidak hanya patung tetapi jamban juga terbuat dari batu plat, tempat wadah air, tempat buang sampah.
Persaingan yang ditunjukkan masyrakat Desa dahaelu ini adalah cara pemicuan yang dilakukan masyarakat secara mandiri atas dasar kesadaran diri sendiri tentang pentingnya kesehatan. Hal ini adalah bukti bahwa pendampingan CD Bethesda yang dilakukan di Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya ini menujukkan keberhasilan dengan diterimanya program STBM dan dilakukannya sebagai wujud kesadaran masyarakat Dahaelu.(Udin Bintoro)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar